Selasa, 05 April 2011

Pertanyaan-Pertanyaan Tentang Mengajar Membaca

Sejak usia berapakah bayi bisa belajar membaca?

Sebetulnya bayi belajar banyak hal sejak lahir. Menurut para pakar perkembangan anak, bayi bisa belajar membaca sejak usia 4 atau 6 bulan.
Apakah tidak terlalu berlebihan mengajar bayi membaca sejak usia yang sangat dini? Bukankah dia masih terlalu kecil untuk dibebani dengan pelajaran membaca?
Mengajar bayi membaca dengan metode yang tepat tidak akan membebani bayi karena dilakukan dalam suasana gembira, dan dalam waktu yang
 relatif sangat singkat, hanya beberapa detik saja.
Apakah manfaatnya bila bayi belajar membaca sejak usia dini?
Bila bayi diajar membaca secara konsisten dengan metode yang tepat, dia bisa membaca kata pada usia 1 tahun, membaca kalimat pada usia 2 tahun dan membaca buku pada usia 3 tahun.
Bagaimana kalau anak tidak tertarik dan tidak mau belajar?
Pertama, selidikilah faktor apa yang menimbulkan penolakannya. Carilah waktu yang tepat ketika dia merasa nyaman, dan buatlah suasana belajar yang gembira. Tapi kalau anak tetap menolak, bersikaplah fleksibel. Mungkin frekuensi belajarnya yang dikurangi menjadi 1 kali sehari, atau bisa juga dengan cara menempelkan kata-kata di tempat-tempat yang paling sering dilaluinya.
Apakah mengajar membaca yang tidak sesuai dengan metode dan tidak konsisten seperti dijelaskan di atas akan ada hasilnya?
Ya, anak yang belajar membaca secara kurang teratur masih akan lebih baik kemampuan membacanya kelak dibandingkan dengan anak yang tidak belajar sama sekali.
Kita mulai dari mana?
Kita mulai dari kata-kata yang mudah dan sering di dengar anak kita, semakin banyak kata-kata yang dikenalnya, semakin baik. Misalnya bunda, papi, oma, paman, tante, dede, melisa, kevin, dan sebagainya. KIta bisa mulai dengan 15 kata terlebih dahulu.
Setelah itu , apakah ada kelanjutannya?
Pelajaran sebaiknya berlanjut terus. Setelah terbiasa mengajar, anda akan mengetahui kata-kata apa yang diperlukan. Anda bisa membuatnya di atas kertas karton putih dengan tulisan hitam dua kata, tiga kata, dan selanjutnya kalimat-kalimat pendek. Misalnya sinar matahari, air panas, madi bola, monyet makan pisang, dan sebagainya.
Itulah tadi beberapa pertanyaan sekitar Bagaimana dan apa manfaatnya bila kita mengajari anak kita sedari kecil atau bayi...dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang tidak tertuang disini akan tetapi dari yang sedikit ini semoga ada manfaatnya. Amin.

10 Kualitas Pribadi Yang Disukai Balita Anda

Ketika balita Anda tidak mau bekerjasama,
susah diatur, membangkang, merengek,
memaksakan keinginannya, menjadi
agresif atau pasif, mungkin dia sedang
mengingatkan Anda untuk lebih giat belajar mengenai :
  1. perhatian
  2. pengertian
  3. ketegasan yang lembut
  4. disiplin
  5. tanggungjawab
  6. konsistensi
  7. keteladanan
  8. pengampunan
  9. pengendalian diri
  10. pengorbanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar